Get me outta here!

Ramadhan Telah Tiba


Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh…

Alhamdulillahirobbil ‘alamin…. Bulan Ramadhan telah tiba. Shamagachi mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankannya….

Nah Shamagachi punya beberapa tips nih untuk menghadapi puasa yang sebulan penuh itu…. Nah langsung aja nih cekidot…

1.    Persiapkan tubuh ( fisik )
Nah sebelum berpuasa, hendaknya kita melatih lambung kita untuk berpuasa. Bukan malah diisi sebanyak banyaknya sebagai persiapan untuk menjalankan puasa, emangnya unta. –hehe-. Nah kalau yang sudah terbiasa Puasa Senin Kamis, pasti tidak akan merasa terlalu lemes karena lambung sudah terbiasa. Tubuh akan sehat kalau kita sering berpuasa…
Nah selama puasa pun tetep harus dijaga. Jangan berbuka banyak banyak sebagai balas dendam karena siangnya nggak makan, ntar nggak bisa sholat lagi, -wkwk-. Berbukalah dengan yang manis manis, kurma sangat dianjurkan sebagai pembuka puasa. Sahurnya juga jangan banyak banyak dengan alasan cadangan makanan. Ntar siangnya malah makin lemes lagi.
Ya intinya makan yang normal normal aja, bukankah Allah tidak menyukai segala sesuatu yang berlebihan sobat.?

2.    Persiapkan hati dan mantapkan niat
Nah ini yang penting. Mantapkan niat kita berpuasa karena Allah ta’ala, bukan yang lain. Persiapkan hati untuk menangkis segala macam amarah. Ehm.. untuk menghadapi semua macam cobaan dan amarah si menurut Shamagachi ya sabar. Itu kunci. Menahan segala macam hawa nafsu, istighfar sobat….

3.    Kegiatan selama berpuasa
Kurangi pekerjaan fisik yang berlebihan. Lakukanlah kegiatan seperti biasa, jangan memikirkan kalau sedang berpuasa, biasa aja. Karena kalau dipikir kamu sedang berpuasa, ntar malah jadi lemes. Apalagi kalau ngitungin waktu kapan berbukanya –pengalaman nih-, makin lama deh tuh puasanya… Oh iya. Jangan males ya sobat.. Sebaiknya selama bulan puasa jangan terlalu banyak tidur, tidurlah kuranng lebih tiga puluh menit, meskipun ada yang bilang tidur pun ibadah. Nah kalau dipikir, tidur aja ibadah apalagi kalau kita melakukan hal lain yang lebih bermanfaat.? Kesempatan untuk mendapatkan pahala yang banyak sobat..

Sebenarnya, nahan hawa nafsu dan amarah itu nggak cuma kalau dibulan Ramadhan aja, atau kalau lagi berpusa. Harusnya sih setiap hari.

Nah, semoga dapat bermanfaat ya.. ingat, kemenangan akan menanti…

Shamagachi mohon maaf jika Shamagachi salah.. Maaf ya….


Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh…

4 comments:

  1. nice :)
    hmmm bermanfaat nih :)
    salam kenal...

    mari bkunjung d blog sderhanaku yaa
    (follow juga boleh #ngarep)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga... :))

      terima kasih kak sudah follow.... :))

      Delete
  2. gimana ya soal kegiatan fisik nih, penginnya olahraga biar badan nggak melar. tapi ntar capek, haus pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kegiatan fisiknya jangan yang berat berat pak... kalau pak zach sudah terlatih berolahraga saat berpuasa, mungkin sih nggak apa apa... (karena sudah biasa)
      tapi kalau sebelumnya pak zach belum pernah melakukannya, mungkin berolahraga yang ringan ringan saja cukup... :))

      Delete